Investasi

Mengenal Investasi Pendanaan dan Cara untuk Memulainya

Investasi pendanaan menjadi salah satu investasi yang sangat menguntungkan. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang belum memahami investasi ini serta manfaat yang didapatkan. Kondisi ini terjadi bukan tanpa alasan karena jenis investasi ini masih jarang diketahui meskipun sangat menguntungkan. Bagi Anda yang belum mengetahui investasi ini, mari kenali investasi pendanaan secara lengkap disini.

Apa Itu Investasi Pendanaan?

Secara umum pendanaan adalah suatu cara untuk memperoleh dana atau uang yang diperlukan baik itu sebagai pendanaan umum auu dana tambahan. Dana yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk pengerjaan program, proyek ataupun portofolio yang dialokasikan agar perusahaan, proyek maupun organisasi bisa berjalan dengan baik.

Pendanaan itu sendiri memiliki dua arti. Pertama yaitu pendanaan investasi yang berarti pendanaan yang diberikan kepada perusahaan lain dan memiliki tujuan untuk membantu dan juga meraih imbal hasil yang besar. Kedua, pendanaan pemasukan yang memiliki arti dana atau uang yang diberikan kepada perusahaan Anda dengan tujuan untuk merapikan cash flow, pengembangan perusahaan ataupun untuk operasional perusahaan.

Pendanaan yang diperoleh perusahaan berasal dari ekuitas (saham) ataupun utang. Apabila pendanaan didapatkan melalui ekuitas (saham) berarti perusahaan akan memperoleh investasi dari para pemilik lalu menerbitkan saham ataupun menahan laba. Sedangkan pendanaan yang diperoleh dari utang maka perusahaan akan menjadi pihak peminjam dana.

Kenapa pendanaan disebut sebagai salah satu jenis investasi? Ini dikarenakan pihak yang memberikan pinjaman atau dana akan mendapatkan banyak imbal hasil.

Jenis-Jenis Pendanaan

1. Pendanaan Utang

Pendanaan yang diperoleh dari utang memiliki banyak kelebihan, diantaranya yaitu pemilik usaha tidak memberikan hak pengendalian perusahaan kepada pemberi pinjaman atau investor. Akan tetapi, pemilik usaha memiliki kewajiban untuk mengembalikan utang ditambah dengan bunga pinjaman. Adapun sumber pendanaan utang ini berasal dari pinjaman atau kredit bank.

Jika pendanaan berasal dari utang maka harus ada jaminan. Jaminan yang diberikan bisa saja jaminan aset atau jaminan kontrak atau tagihan, tergantung jenis kreditnya. Jaminan aset yang bisa digunakan adalah bangunan, tanah, peralatan dan sebagainya.

2. Pendanaan Ekuitas

Pendanaan ekuitas (saham) merupakan pendanaan yang diperoleh  tetapi pihak penerima dana tidak memiliki kewajiban untuk mengembalikan modal yang disetor oleh investor. Akan tetapi, investor memiliki hak khusus atau suara seperti bisa mempengaruhi pengendalian atau perusahaan. Semakin besar persentase saham investor maka semakin besar pula pengendalian perusahaan.

Untuk jenis pendanaan ini, perusahaan akan memberikan imbal hasil kepada investor. Imbal hasil tersebut berupa dividen. Dividen adalah pembagian imbal hasil usaha atau kenaikan nilai perusahaan yang tercermin  pada kenaikan nilai saham para investor. Anda bisa mendapatkan sumber pendanaan ini dengan cara mendapatkan modal dari keluarga atau teman yang kemudian ditukar dengan saham perusahaan.

Cara Memulai Investasi Pendanaan

Bisa dibilang cara untuk memulai investasi ini sangat mudah, terutama jika Anda memiliki banyak dana. Seperti yang diketahui jika ada perusahaan yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya maka akan mencari dana yang dibutuhkan dengan cara utang atau ekuitas.

Apabila Anda memiliki uang maka Anda bisa meminjamkan uang tersebut kepada suatu perusahaan. Nantinya perusahaan harus membayar utang tersebut sesuai nominal yang diberikan ditambah dengan bunga pinjaman dan  dikembalikan dalam jangka waktu tertentu.

Uang yang dipinjamkan bisa saja tidak dikembalikan dalam bentuk uang. Ini dikarenakan uang yang dipinjam bisa ditukar dengan saham perusahaan. Dengan begini maka pihak peminjam akan memiliki hak khusus dalam mengendalikan perusahaan. Jika memiliki saham di suatu perusahaan maka akan mendapatkan imbal hasil berupa dividen.

Itulah penjelasan mengenai investasi pendanaan dan cara untuk memulainya. Bagi Anda yang memiliki banyak uang bisa mencoba untuk menginvestasikan uang yang dimiliki kedalam jenis investasi ini. Silahkan download aplikasi Investree for Lender di Google Play Store dan App Store. Daftar dan pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender.

Referensi :

Dohiya. 13 Oktober 2020. Mengenal Jenis-Jenis Pendanaan. Konsultanku.co.id. https://bit.ly/3sdx4cy

Kargo.tech. 10 Maret 2021. Pengertian Pendanaan, Manfaat Pendanaan dan Contoh pendanaan. Kargo.tech. https://bit.ly/3m0bt3x

Share this Post

Artikel Terbaru