Gen Z Wajib Tau! 5 Tips Manajemen Keuangan di Usia 20-an

Gen Z Wajib Tau! 5 Tips Manajemen Keuangan di Usia 20-an

Usia 20-an merupakan usia produktif di mana seseorang mulai memasuki kehidupan kerja dan mulai memperoleh penghasilan. Pada usia ini biasanya seseorang akan memperoleh penghasilan pas-pasan yang terkadang bahkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Oleh karena itu, manajemen keuangan yang baik sangat dianjurkan untuk dimiliki dan dilakukan oleh pekerja atau pebisnis di usia 20-an. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami bagikan dalam membantu Anda untuk mengatur keuangan Anda.

Baca juga: Generasi Z: Duh! Sulitnya Beli Rumah

Mulai menetapkan prioritas

Memasuki usia 20-an, Anda akan bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran Anda. Berkumpul bersaman teman di usia muda adalah hal menyenangkan untuk dilakukan. Duduk di café dan saling berbagi cerita mungkin menjadi hal yang biasa dilakukan. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa terlalu sering berkumpul dan menghamburkan uang untuk gaya hidup juga tidak baik untuk dilakukan. Anda harus dapat menetapkan prioritas pengeluaran mana yang harus Anda dahulukan, dan mana yang dapat dikesampingkan.

Baca juga: Frugal Living: Solusi Hidup Nyaman di Masa Depan

Jadilah konsumen yang bijaksana

Belanja tidak selalu menjadi hal buruk untuk dilakukan. Akan tetapi, akan lebih baik apabila Anda dapat menjadi konsumen yang bijaksana. Membeli sesuatu yang mahal tidak selalu buruk apabila kualitas yang ditawarkan juga dapat bertahan lebih lama, sehingga tidak mengharuskan Anda melakukan pembelian berulang dalam waktu dekat. Tentu, hal ini akan membantu Anda untuk lebih berhemat.

Mencatat setiap pengeluaran dan menetapkan anggaran rutin

Anggarkan penghasilan Anda untuk kebutuhan setiap bulannya. Tentukan anggaran pasti dan jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran yang Anda lakukan. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih mudah melakukan pengecekan ke mana saja uang Anda akan dihabiskan dan berapa sisa uang yang dapat digunakan atau ditabung. Melakukan pencatatan pada pengeluaran juga dapat membantu Anda untuk mengetahui pengeluaran yang membengkak, sehingga dapat langsung dicari pemecahan masalahnya.

Biasakan untuk tidak menunggak tagihan

Punya tagihan yang harus dibayarkan? Lunasi secepatnya. Jangan biasakan untuk menunggak tagihan yang ada. Hal ini hanya akan mengganggu rencana atau anggaran keuangan Anda di bulan selanjutnya. Belum lagi, denda keterlambatan yang mengharuskan Anda untuk mengatur kembali rencana atau anggaran yang telah ditetapkan. Hal ini mungkin terlihat sederhana, tetapi menjadi penting sebagai tolok ukur menentukan kemampuan Anda dalam pengelolaan keuangan dan konsekuensi finansial.

Investasi di SBN

Bagi Anda yang akan atau sudah menerapkan frugal living, Investasi SBN merupakan instrumen yang cocok untuk Anda, yang mana hampir minim risiko, aman dan dijamin negara tentunya. Dengan jaminan “pasti untung” membuat frugal living yang kamu terapkan bisa sukses.

Investree merupakan salah satu mitra distribusi yang dipercaya pemerintah sebagai platform fintech untuk pembelian SBN dan SBSN. Pada tanggal 9 Oktober – 2 November ini pemerintah akan menerbitkan instrument SBN dengan seri ORI024 tentunya dengan 2 pilihan tenor 3 dan 6 tahun. Untuk informasi lengkap mengenai ORI024 dan cara pembelian di Investree bisa klik banner di bawah ini. 

Frugal Living: Solusi Hidup Nyaman di Masa Depan

Itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan untuk membantu Anda dalam pengelolaan keuangan. Semua hal kecil yang Anda lakukan mulai sejak dini tentunya akan membawa pengaruh dan dampak besar kedepannya. Bersama Investree, #SemuaBisaTumbuh.