Bisnis

Cara Mengembangkan Usaha Dagang Kecil Dengan Baik

Siapa bilang usaha yang berskala kecil tidak menguntungkan? Jika menguasai cara mengembangkan usaha dagang kecil dengan baik, tentu maju dan besarnya usaha bukanlah hal yang mustahil. Tentu saja dalam proses tersebut membutuhkan strategi dan cara yang tepat. Lalu, seperti apa langkah agar usaha kecil bisa berkembang dengan baik? 

Cara Mengembangkan Usaha Dagang Kecil 

Agar bisa melakukan pengembangan usaha dengan maksimal, inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan: 

1. Lakukan Review 

Cara mengembangkan usaha dagang kecil yang pertama adalah dengan melakukan review atau evaluasi pada usaha yang dijalankan. Lakukan evaluasi dari setiap langkah yang sudah diambil selama mengelola usaha tersebut. Dari evaluasi itu, akan terlihat apa yang perlu diperbaiki dan dikembangkan kedepannya.

Review ini tidak hanya terpaku pada satu aspek saja. Seluruh proses yang ada di dalam usaha harus dilakukan review dengan teliti dan hati-hati, sehingga bisa terlihat masalah apa yang ada dan menemukan solusinya dengan segera. 

2. Menganalisa Kelebihan dan Kekurangan Produk 

Produk dari sebuah usaha perlu diperhatikan dengan baik karena inilah yang dijual kepada konsumen. Agar bisa mengetahui hal itu perlu dilakukan riset atau analisa terkait produk tersebut. Cari tahu apa saja kelemahan dan keunggulan produk, jika sudah mengetahui kedua hal tersebut, langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk mengembangkan keunggulan yang dimiliki produk tersebut. Sementara untuk kelemahan produk usahakan untuk diminimalisir.

Membuat sebuah produk sendiri memang tidak bisa dilakukan asal-asalan karena ada proses panjang dibalik membuat sebuah produk. Mulai dari riset dan analisa pasar hingga membuat sebuah produk yang bermanfaat dan selalu dibutuhkan target pasar. Setelah memiliki sebuah produk andalan, baiknya selalu lakukan review kembali seputar kelebihan dan kekurangan produk agar bisa mempertahankan eksistensi produk yang dijual. 

3. Melakukan Analisa Kompetitor

Jika sudah melakukan analisa maupun review pada aspek internal usaha, maka Anda juga perlu melakukan analisis pesaing atau kompetitor yang bertujuan mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka. Hasil analisis ini akan bermanfaat untuk membuat rencana yang matang agar bisa memenangkan persaingan pasar. Usaha yang dijalankan bisa lebih baik dan lebih maju serta mampu bertahan di pasar dengan baik.

4. Kembangkan Strategi Marketing

Usaha dagang kecil terkadang sulit untuk berkembang dikarenakan penjualannya tidak bisa maksimal. Hal tersebut besar kemungkinan karena strategi marketing yang diterapkan kurang tepat. Untuk itu, lakukan perbaikan pada strategi pemasaran agar bisa mencapai target penjualan secara maksimal. 

Caranya adalah dengan terus belajar dan menambah informasi serta ilmu seputar strategi pemasaran. Kembangkan strategi yang sudah dipakai dan jika perlu tambahkan atau kombinasikan dengan teknik pemasaran lain yang sesuai dengan target pasar. 

5. Melakukan Inovasi dan Eksperimen Produk 

Setelah mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang sesuai dan cocok dengan usaha dagang yang dikelola, selanjutnya adalah mencoba melakukan eksperimen dan inovasi produk secara berkala. Ini adalah cara untuk senantiasa mempertahankan kualitas produk sekaligus meningkatkannya. Dengan kualitas yang senantiasa meningkat, pengembangan usaha jadi lebih efektif. 

Itulah beberapa cara mengembangkan usaha dagang kecil dengan baik. Tanpa adanya proses usaha tidak akan bisa berkembang. Dalam proses pengembangan usaha tersebut, Anda juga pasti membutuhkan tambahan modal usaha. Investree bisa menjadi pilihan tepat untuk peminjaman modal usaha karena sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. 

Sebagai peminjam dana (borrower), Anda akan bertemu dengan pihak pemberi pinjaman (lender) dengan proses yang mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Dengan tambahan modal tersebut, pengembangan usaha dagang kecil bisa menjadi lebih maksimal. 

 

Referensi: 

Rita Puspitasari. 3 Juni 2021. Cara Mengembangkan Usaha Kecil Menjadi Besar, Ketahui 7 Kunci Berikut. potensibisnis-pikiran-rakyat.com. https://bit.ly/3HNXh6i 

Share this Post