Pinjaman Modal Usaha Melalui Toko Online

Tidak hanya lembaga keuangan atau perbankan yang ikut berkontribusi dalam pemulihan usaha kecil dan menengah dalam rangka membantu pertumbuhan perekonomian di Indonesia, berbagai e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia dan Moka Capital bekerjasama untuk menyediakan pinjaman modal usaha melalui toko online.

Tertarik dengan pinjaman modal usaha melalui toko online? Yuk simak lebih lengkapnya di bawah ini!

Kesempatan Memperluas Bisnis melalui Pinjaman Usaha Toko Online

Beberapa e-commerce/toko online memberikan kesempatan kepada pengguna yang tergabung menjadi seller toko online tersebut untuk dapat mengajukan pinjaman pembiayaan usaha mikro.

Kemudahan Pengajuan

Untuk pengajuannya pun terhitung mudah! Cukup buka platform e-commerce yang menyediakan program dan daftar secara online melalui platform tersebut!

Tokopedia dengan Modal Toko

Sejak April 2019, Tokopedia meluncurkan layanan pinjaman modal usaha yang diberi nama Modal Toko. Penjual di Tokopedia diberikan kesempatan untuk mendapatkan modal usaha yang lebih mudah dan fleksibel.

Melalui fitur pinjaman modal usaha ini, penjual di Tokopedia dapat mengajukan pinjaman hingga 300 Juta Rupiah dan dapat ditarik kapan saja sesuai dengan limit kreditnya. Selain itu bunga yang ditawarkan pun hanya 1,5% flat/bulan dengan tenor 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Pertumbuhan peminjam Modal Toko di Tokopedia sendiri telah mencapai hingga 100 kali lipat. 

Untuk syarat peminjamannya pun mudah, cukup memberikan identitas diri (KTP) serta mengirimkan foto bersama KTP yang dipakai. Proses persetujuan peminjaman hanya membutuhkan waktu 1 hari. Jika sudah disetujui jumlah nominal pinjaman akan real-time masuk ke saldo penghasilan di Tokopedia. 

Tetapi perlu diingat bahwa Tokopedia disini hanyalah sebuah perantara, sehingga kewajiban angsuran, penyelesaian kredit merupakan tanggung jawab penuh peminjam kepada penyedia modal. Begitu pula dengan risiko dan mitigasinya.

Bukalapak dengan Bukamodal

Yang kedua adalah BukaModal dari Bukalapak. BukaModal menyediakan pinjaman bagi para penjual (merchant) dengan bekerjasama bersama layanan P2P Lending termasuk Investree (insert internal link ke homepage investree). Bagi penjual yang ingin meminjam harus memenuhi beberapa syarat utama yaitu terdaftar dengan penjualan minimal 2 Juta Rupiah/bulan selama 6 bulan terakhir, aktif berjualan selama minimal setengah tahun, dan tercatat resmi sebagai WNI.

Dengan mekanisme yang hampir sama, apabila pengajuan pinjaman telah disetujui maka modal usaha akan langsung dikirim ke rekening peminjam di akun Bukalapak-nya. Besarnya pinjaman yang dapat diajukan tergantung performa peminjam modal, berkisar dari Rp 2 Juta – Rp 2 miliar dengan bunga 0,9% per bulan.

Jangka waktu pelunasan yang diberikan mulai dari 3 bulan hingga 2 tahun. Selain Bukamodal, terdapat juga program pinjaman milik Bukalapak yaitu Modal Mitra. Namun jumlah pinjamannya hanya terbatas 1 Juta – 10 Juta Rupiah dengan cicilan minimal 90 Ribu Rupiah per bulan selama 6 bulan. 

Moka dengan Moka Capital

Yang ketiga adalah program pinjaman modal usaha dari PT Moka Teknologi Indonesia. Moka merupakan start-up penyedia aplikasi kasir digital yang mulai memperkenalkan platform pinjaman online, Moka Capital, pada Juli 2018.

PIlihan pinjaman modal yang diberikan mulai dari 5 Juta Rupiah hingga 2 Miliar Rupiah dengan bunga pinjaman mulai dari 0,75% dan masa cicilan sampai 18 bulan. Tapi jangan salah, untuk mendapatkan pinjaman di Moka Capital ternyata mudah! Hanya dibutuhkan perizinan akses data milik merchant/penjual sehingga peminjam tidak perlu repot membuat dan mengumpulkan laporan penjualan.

Kemudahan Marketing di Kalangan Milenial

Selain pengajuan yang mudah, keuntungan menggunakan peminjaman modal usaha toko online adalah kemudahan memperluas marketing di kalangan milenial.

Semua serba online! Begitu keseharian kaum milenial saat ini. Membandingkan harga dan kualitas pun biasa dilakukan secara online oleh anak milenial. Apabila telah puas dengan kualitas produk setelah pembelian, maka toko online pasti mendapatkan keuntungan karena direkomendasikan oleh pengguna e-commerce.

Oh iya bagi kamu yang masih bingung dimana mendapatkan modal usaha terdapat jenis pinjaman modal usaha lain yang dapat kamu pilih. Salah satunya adalah Investree.

Sebagai pionir fintech P2P lending, Investree menawarkan solusi bisnis secara digital kepada para pegiat UKM melalui produk-produk pinjaman yang berfokus pada rantai pasokan serta menyediakan alternatif lain bagi masyarakat yang ingin memperoleh imbal hasil lebih secara nyaman dan bijak.

Naikan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan.

Referensi:

https://amp.kontan.co.id/news/mau-buka-usaha-ajukan-pinjaman-modal-ke-e-commerce-ini

Pinjaman Modal Usaha Toko Online (bankmandiri.co.id)