Bisnis

Pengertian Account Payable dan Ciri-cirinya

Account payable adalah sebuah istilah yang dapat ditemukan dalam bidang ilmu akuntansi. Seorang akuntan wajib hukumnya untuk memahami istilah ini agar dapat mengelola keuangan perusahaannya dengan baik. Jadi, apa itu account payable? Dan apa saja ciri-cirinya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Account Payable

Account payable adalah istilah yang merujuk pada suatu perusahaan ketika ingin membeli kebutuhannya melalui kredit. Dengan kata lain, account payable mencerminkan kewajiban perusahaan yang harus dilunasi kepada vendor atau supplier. Account payable dikenal juga dengan utang dagang. Dalam account payable, biasanya perusahaan akan melakukan pembelian dengan menggunakan sistem down payment atau pembayaran yang dilakukan sebelum barang diterima (uang muka). Account payable tidak langsung dicatat pada waktu pemesanan dilakukan, tetapi baru dicatat saat kepemilikan atas barang-barang tersebut sudah sudah menjadi milik pembeli atau diterima oleh pihak pembeli.

Jenis-jenis Account Payable

Berdasarkan  jangka waktu peminjamannya, account payable dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Utang Jangka Pendek (Short-Term Loans)

Utang jangka pendek adalah jenis utang yang harus dilunasi oleh perusahaan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Contohnya adalah utang gaji karyawan dan utang pembelian bahan produksi.

  • Utang Jangka Panjang (Long-Term Loans)

Utang jangka panjang adalah jenis utang yang dapat dilunasi oleh perusahaan dalam jangka waktu lebih dari satu tahun. Contohnya adalah utang hipotek, leasing, dan pinjaman bank.

Proses Terjadinya Account Payable

  • Tahap Pengambilan Invoice Pembelian

Akuntan perusahaan perlu melakukan input data pada tahap ini. Data tersebut terdiri dari nama supplier, barang yang dibeli, jumlah item, nilai total pembelian, dan jangka waktu pembayarannya. Informasi tersebut wajib untuk dimasukkan agar mengurangi risiko human error pada saat melakukan pembayaran.

  • Tahap Persetujuan Invoice

Setelah akuntan perusahaan mendapatkan informasi mengenai invoice pembelian, maka tahap berikutnya adalah persetujuan invoice atau faktur. Tahapan ini terdari dari aktivitas berupa penyesuaian jumlah barang yang dikirim dengan barang yang akan datang. Selain itu, perusahaan juga harus mengecek kualitas barang untuk memastikan kualitasnya sudah sesuai standar atau justru perlu dikembalikan kepada supplier.

  • Tahap Otorisasi Pembayaran

Setelah invoice disetujui oleh departemen pembelian, maka invoice tersebut akan diteruskan ke bagian keuangan untuk diproses pembayarannya. Dalam proses ini, akuntan membutuhkan informasi seperti nomor rekening supplier, tanggal jatuh tempo, dan jumlah uang yang harus dibayarkan.

  • Tahap Eksekusi Pembayaran

Di tahap terakhir ini, invoice yang telah melewati tahap otorisasi akan dibayar oleh bagian keuangan perusahaan. Penyelesaian pembayaran juga harus disertai bukti pembayaran dari bank atau berbentuk kuitansi dari supplier yang akan didokumentasikan sebagai bukti transaksi agar tidak terjadi kecurangan seperti mark up harga.

Ciri-ciri Transaksi Account Payable

  • Berlandaskan Rasa Saling Percaya

Transaksi yang melibatkan account payable biasanya selalu berlandaskan rasa saling percaya antara kedua pihak. Walaupun begitu, tetap harus ada hitam di atas putih, yaitu perjanjian tertulis yang mencantumkan kesepakatan mengenai utang usaha yang disetujui oleh kedua belah pihak.

  • Bunga yang Sedang Berlaku

Utang jangka panjang yang lebih dari satu tahun, biasanya akan dikenakan bunga sebagai bentuk adanya penurunan nilai mata uang (inflasi). Namun, untuk utang jangka pendek biasanya tidak diberikan bunga.

  • Adanya Jaminan

Di beberapa kasus utang jangka panjang perusahaan, supplier tetap memerlukan jaminan berupa aset atau surat berharga. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai account payable beserta ciri-cirinya. Mudah dipahami, bukan? Jika perusahaan Anda membutuhkan dana tambahan dalam mengembangkan bisnis, Investree siap membantu. Dengan bunga yang kompetitif dan proses pendaftaran yang transparan, Anda dapat mengajukan pinjaman jika seluruh syarat terpenuhi. Cek syarat dan ketentuannya di Investree..

Referensi:

https://pintu.co.id/blog/apa-itu-account-payable-adalah

https://keysoft.co.id/apa-itu-account-receivable-dan-account-payable/

Share this Post