Bisnis

Wajib Tahu! Prinsip 5 C Saat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Saat ini, sudah banyak pinjaman modal usaha khususnya lembaga keuangan perbankan yang dipercaya masyarakat untuk mendapatkan tambahan dana agar seluruh kegiatan bisnisnya berjalan dengan lancar. Anda harus memberikan keterangan selengkap-lengkapnya dan sejujur-jujurnya saat proses pengajuan pinjaman modal usaha berlangsung.

Ketika Anda mengajukan pinjaman modal usaha pada bank, umumnya, bank tergolong lebih “hati-hati” dalam menyetujui permohonan Anda. Hal ini dikarenakan bank memiliki prinsip 5C sebagai salah satu prinsip kehati-hatian. Apa yang dimaksud dengan prinsip 5C? Yuk simak ulasan lengkapnya di sini!

  1. Character

Prinsip C yang pertama adalah character. Ketika mengajukan pinjaman modal kerja, bank akan melihat karakter Anda sebagai calon peminjam. Bank akan melakukan proses wawancara. Customer service akan menanyakan seputar latar belakang, kebiasaan hidup, pola hidup, tanggungan, dan lainnya.

Bank akan melakukan penilaian apakah Anda termasuk calon peminjam yang dapat dipercaya dalam mendapatkan pinjaman dari bank. Selain itu, bank akan menilai apakah Anda bisa memenuhi pembayaran cicilan Anda nantinya.

Baca juga: Awas! 5 Gejala Kecanduan Kartu Kredit dan Pertolongan Pertamanya

Inti dari prinsip Character ini ialah bank akan menilai calon peminjam tersebut apakah termasuk peminjam yang bisa dipercaya dalam menjalani kerjasama atau mendapatkan pinjaman bank. Seluruh informasi ini akan tercatat di Sistem Informasi Debitur (SID) dalam proses yang dikenal dengan proses BI checking.

Dalam SID, terdapat sejumlah informasi mengenai rapor transaksi finansial Anda. Semisal, apakah Anda pernah memiliki tunggakan,  apakah Anda sedang memiliki utang dengan Paylater misalnya, apakah jika Anda memiliki tagihan-tagihan kartu kredit ataupun paylater, bagaimana pembayaran Anda, terganggu atau tepat waktu.

  1. Capacity

C yang kedua adalah capacity. Biasanya, customer service akan menilai kemampuan peminjam dalam mengelola keuangan pribadi maupun usahanya. Faktor ini juga dapat membantu bank untuk melihat kemampuan pemilik bisnis dalam membayar cicilan dan kewajiban pinjaman modal usahanya. Selain itu, bank juga dapat melihat apakah calon peminjam pernah memiliki masalah keuangan sebelumnya atau tidak.

  1. Capital

Kondisi aset yang dimiliki oleh pemilik bisnis saat akan meminjam modal usaha juga menjadi penilaian tersendiri oleh bank penyedia pinjaman modal usaha. Aset yang dijadikan bahan pertimbangan bank untuk menyetujui pinjaman modal usaha adalah saldo usaha, deposito, atau aset investasi lainnya seperti saham, reksadana, emas, properti, dan lainnya.

Jika Anda pebisnis, maka faktor ini akan dilihat dari laporan keuangan tahunan bisnis yang Anda kelola. Dari sini, Anda akan dinilai layak atau tidak mendapat pinjaman modal usaha dari bank serta menjadi penentu seberapa besar pinjaman yang akan diberikan.

Baca juga: Apa Itu Bisnis Franchise? Ini dia Jenis-jenis Franchise dan Tipsnya!

 

  1. Collateral

Prinsip yang harus diketahui oleh para calon peminjam adalah collateral. Biasanya, nilai agunan atau jaminan yang diberikan saat pengajuan pinjaman menjadi tolak ukur poin penilaiannya.

Wajib diketahui bahwa saat Anda tidak mampu memenuhi kewajiban Anda membayar pinjaman modal usaha dari bank, pihak bank berhak menyita aset yang telah terlebih dahulu diajukan saat awal melakukan proses peminjaman. Hal ini tentu sesuai dengan ketentuan bank dan pemerintah.

  1. Condition

Prinsip terakhir adalah keadaan atau condition. Biasanya dipengaruhi oleh faktor di luar dari pihak bank maupun nasabah/calon peminjam. Misalnya, usia minimal peminjam, jumlah pinjaman, atau kondisi lainnya yang telah ditetapkan oleh bank kepada nasabahnya.

Contoh kondisi lainnya yang juga jadi pertimbangan bank dalam memberikan pinjaman kepada pengusaha antara lain kondisi perekonomian suatu daerah atau Negara terhadap jenis bisnis yang dilakukan oleh peminjam. 

Ingin mendapatkan pinjaman modal usaha? Yuk dapatkan sekarang dengan mendaftar di Investree! Naikkan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan. Daftar Sekarang juga!

Referensi:

https://scholar.google.co.id/scholar_url?url=https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/hukum/article/view/236/134&hl=en&sa=X&ei=8h77YtnXLNOJ6rQP2sm2oAU&scisig=AAGBfm1WcpSkIL9vgDw6PakKRp_LZPs4ZQ&oi=scholarr

https://profesi-unm.com/2021/07/03/berikut-prinsip-prinsip-pemberian-kredit-dalam-manajemen-perbankan/

Share this Post