Bisnis

Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Komponen Laporan Perubahan Modal

Laporan menjadi bagian terpenting dalam sebuah perusahaan di berbagai industri. Ada berbagai jenis laporan keuangan yang harus disusun secara detail oleh para akuntan. Salah satunya adalah laporan perubahan modal atau ekuitas.

Jenis laporan keuangan ini dibutuhkan tiap bisnis karena modal perusahaan akan terus berfluktuasi. Bisa saja berkurang atau justru bertambah karena ada pendapatan baru. Namun, tahukah Anda tentang apa itu laporan perubahan modal?

Jika belum, simak artikel ini sampai akhir untuk penjelasan lebih detailnya, ya.

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal atau disebut juga ekuitas merupakan jenis laporan keuangan yang membantu perusahaan agar mendapat gambaran peningkatan maupun penurunan dari aktiva bersih dalam periode tertentu. Sebagian besar laporan ini memiliki struktur kepemilikan yang cenderung kompleks dalam perubahan-perubahan akun ekuitas pada tahun terkait.

Berikut adalah beberapa pendapat ahli tentang pengertian laporan perubahan modal.

  1. Menurut Kasmir, laporan perubahan ekuitas adalah laporan keuangan yang mencatat informasi tentang penyebab bertambah dan berkurangnya modal selama kurun waktu tertentu.
  2. Menurut Hery, laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang menyajikan ikhtisar perubahan pos-pos ekuitas suatu perusahaan untuk satu periode tertentu.
  3. Menurut Sodikin dan Riyono, laporan perubahan ekuitas merupakan laporan keuangan yang secara sistematis menyajikan informasi tentang perubahan ekuitas perusahaan yang diakibatkan operasi perusahaan dan transaksi dengan pemilik pada satu periode akuntansi tertentu.

Adapun tujuan dibentuknya laporan perubahan modal, yaitu:

  • Memberikan laporan tentang perubahan modal kerja.
  • Membuat ikhtisar dari investasi dan juga dana yang dihasilkan dalam suatu periode serta aktiva pembayaran.

Fungsi Laporan Perubahan Modal

Selain itu, laporan perubahan modal juga memiliki beragam fungsi antara lain:

  • Mendokumentasikan seluruh transaksi pembiayaan dan investasi serta dana yang dihasilkan oleh suatu bisnis dalam kurun waktu tertentu.
  • Melengkapi penggunaan perubahaan dari modal yang terjadi pada suatu bisnis di periode tertentu.
  • Mendukung laporan keuangan yang di dalamnya termasuk laporan laba rugi, neraca, dan laporan keuangan.
  • Menyatakan adanya perubahan modal yang terjadi pada kurun waktu tertentu dengan nominal yang jelas dan akurat.
  • Menjadi acuan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan bisnis ke depannya.

Komponen Laporan Perubahan Modal

Ada beberapa komponen penting yang terdapat dalam laporan perubahan modal. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Modal Awal

Modal awal adalah saldo akhir dari laporan ekuitas pemegang saham yang ada dalam laporan periode sebelumnya. Jadi, seluruh penambahan dan pengurangan berikutnya dilakukan pada saldo awal laporan ekuitas.

2. Pendapatan Bersih

Pendapatan bersih adalah pendapatan bisnis setelah semua operasi serta pengeluaran non-operasional yang sudah dikurangi selama periode akuntansi.

3. Pendapatan Lainnya

Laporan perubahan modal juga wajib mencantumkan catatan pendapatan lainnya yang mencakup keuntungan aktuaria dan keuntungan yang belum direalisasi atas instrumen keuangan.

4. Penerbitan Saham Baru

Laporan keuangan yang dibuat harus mencantumkan total saham baru yang diterbitkan dan rincian peningkatan ekuitas pemegang saham.

5. Kerugian Bersih (Net Loss)

Net loss merupakan jumlah kerugian yang dialami perusahaan sebagai akibat dari kegiatannya dalam periode tertentu. Kerugian ini tentu dapat mengurangi total modal perusahaan dan wajib dimasukkan ke dalam laporan perubahan modal.

6. Dividen

Dividen adalah pembagian laba dalam periode pelaporan yang harus dikurangi dari saldo ekuitas. Dividen dibagikan sesuai persetujuan pada rapat umum pemegang saham.

7. Penarikan Modal

Saat saham ditebus, tentu jumlahnya harus dikurangkan dari laporan ekuitas pemegang saham. Hal ini karena penarikan modal dapat mengurangi ekuitas perusahaan secara keseluruhan.

Itulah penjelasan singkat tentang laporan perubahan modal yang perlu dipahami oleh setiap pelaku bisnis.

Bicara tentang modal, setiap pelaku bisnis pasti membutuhkan modal usaha agar bisnis yang dijalani terus berkembang, bukan? Nah, jika Anda sedang mencari pinjaman modal usaha, maka layanan dari Investree bisa menjadi pilihan yang tepat.

Anda bisa meminjam modal usaha untuk bisnis dengan bunga yang cenderung rendah. Selain itu, proses pengajuannya juga cepat dan mudah karena bisa dilakukan secara online. Sangat menarik, kan?

Referensi:

https://koinworks.com/blog/laporan-perubahan-modal/#Fungsinya-Dalam-Bisnis

https://mekari.com/blog/laporan-perubahan-modal/

https://accurate.id/akuntansi/pengertian-komponen-dan-contoh-laporan-perubahan-modal/

Share this Post