Bisnis

Mesti Pelihara 7 Pola Pikir Pengusaha Ini Agar Bisnis Tetap Sukses

Banyak pilihan jalan yang bisa dilalui untuk mencapai kesuksesan. Meski takaran "sukses" punya parameter atau variabelnya sendiri-sendiri, namun semua bisnis sama-sama pernah menghadapi kesulitan. Memang kesulitan dapat menjadi penghambat, namun juga berperan mendorong bisnis agar lebih sukses lagi. Dan yang terpenting, bagaimana kita bisa mempertahankan kesuksesan tersebut.  Ini tergantung pada pola pikir yang Anda miliki sebagai seorang pengusaha. Memang apa aja, sih, pola pikir yang seharusnya? Berikut Investree bocorin rahasianya. Simak, yuk!

Hindari pola pikir stagnan

Memiliki kepercayaan bahwa kecerdasan, kemampuan, dan bakat Anda dapat tumbuh seiring berjalannya waktu adalah salah satu contoh pola pikir berkembang. Ini penting untuk dimiliki seorang pengusaha bila ingin usahanya tetap sukses dari waktu ke waktu. Jangan menganggap kegagalan sebagai tanda kalau Anda tidak mampu dan harus mundur. Tapi jadikan kegagalan sebagai sebuah kesempatan untuk tumbuh. Kesalahan yang dilakukan tidak membuat Anda terlihat buruk, justru menjadi kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru dan lebih mengenal potensi diri. Setiap kali Anda punya pikiran yang berpotensi menghambat kemajuan, segera ubah ke pola pikir positif yang membantu Anda dan bisnis Anda berkembang.

Arus kas tidak lancar, bukanlah akhir dari segalanya

Pengelolaan modal menjadi elemen paling menantang dalam menjalankan bisnis. Arus kas harus dijaga agar perputaran modal tetap aktif dan berjalan sesuai rencana. Namun ada kalanya arus kas tidak seimbang, dan mengganggu jalannya bisnis. Jika situasi ini terjadi, jangan gugup dan tetap berpikir positif agar menemukan solusi terbaik. Segera kelola arus kas bisnis dengan lebih efektif. 

Jika terpaksa harus mengambil keputusan untuk melakukan efisiensi misalkan menunda proyek berjalan, mengurangi jumlah pekerja, atau memangkas biaya operasional lain, tak masalah bila hanya sementara waktu sampai arus kas kembali normal. Mendapat kredit modal tambahan juga membantu menormalkan arus kas, asal harus dikelola dengan baik.

Berani hadapi tantangan

Dalam menjalankan bisnis, tantangan selalu ada dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Tapi nyatanya, tantangan merupakan bagian tak terpisahkan dari setiap bisnis sukses. Kita harus belajar menerima tantangan untuk bisa mengembangkan kemampuan. Berhasil melewati satu tantangan, menyiapkan diri Anda untuk menghadapi tantangan yang lebih besar lagi di masa depan. Tantangan dapat menurunkan ego dan membuat Anda sadar bahwa masih ada hal lain yang perlu dipelajari. 

Ketika Anda mengambil tindakan saat menghadapi tantangan, rasa tanggung jawab pribadi turut berkembang, alih-alih terus mencari pembenaran. Rasa bangga karena telah berhasil menyelesaikan satu tantangan, membuat Anda lebih percaya diri mengembangkan bisnis ke depannya.  

Rangkul kegagalan supaya tak parno

Kegagalan adalah masalah perspektif. Tergantung perspektif masing-masing orang. Karena alasan ini, tidak ada gunanya menjadikan kegagalan sebagai sesuatu yang membuat Anda menjadi parno sehingga menghalangi langkah Anda untuk maju. Selalu ada kemungkinan kita akan membuat beberapa keputusan yang salah, bahkan sangat buruk. Akibatnya kita menjadi takut membuat keputusan besar. Tapi, jika Anda memikirkan berapa banyak peluang yang terlewat akibat rasa takut tersebut, Anda akan lebih menyesal. 

Waktu tidak bisa kembali, namun kegagalan masih bisa diganti dengan keberhasilan bila mau untuk terus mencoba. Bahkan seringkali, ide atau wawasan paling berguna datang setelah Anda menghadapi kegagalan. Mau menerima dan belajar dari wawasan tersebut adalah kunci kesuksesan jangka panjang. 

Jangan sampai keragu-raguan menghalangi Anda

Jangan mudah terpengaruh apa kata orang, juga berlaku dalam bisnis. Terkadang kita terlalu mendengar pihak eksternal dan justru meragukan pendapat dan pemikiran kita sendiri. Ini jelas tidak baik. Sulit untuk menyenangkan semua orang, tapi Anda dapat belajar dalam prosesnya. Pertentangan dari pihak eksternal terjadi karena kurangnya informasi (ketidaktahuan). Sehingga Anda wajib mencari penyebabnya, memberi penjelasan, atau solusi. Jangan biarkan hal tersebut membuat Anda ragu dan takut untuk maju. Coba pastikan bahwa Anda selalu yakin dengan setiap keputusan yang Anda ambil, tanpa keragu-raguan. 

Selalu mengutamakan hubungan baik dengan pelanggan

Sebagai seorang pengusaha, memiliki hubungan yang kuat dengan pelanggan adalah kunci untuk tetap kompetitif sembari mengembangkan bisnis Anda. Pastikan harapan pelanggan selalu terpenuhi dan buat mereka merasa puas dengan setiap pengalamannya terhadap bisnis Anda. Ketika pelanggan merasa dihargai dan dianggap perannya punya pengaruh dalam kesuksesan bisnis Anda, mereka akan punya rasa memiliki. Mereka tidak akan segan mempromosikan bisnis Anda ke orang lain. Inilah yang menjadi kekuatan bisnis dan secara otomatis membantu pemasaran. 

Tidak menganggap kredit modal sebagai beban, namun tanggung jawab

Menjalankan sebuah bisnis memang penuh risiko. Namun, bila seorang pengusaha tidak berani mengambil risiko, bisnis akan cenderung berjalan di tempat. Termasuk kredit modal, juga mengandung risiko. Namun bila kredit diambil dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis, kredit dapat menjadi sumber daya yang menghasilkan. Jangan jadikan kredit sebagai sebuah beban yang menghambat Anda. Dengan perhitungan yang matang, tujuan yang produktif, dan antisipasi risiko yang mungkin muncul, kredit dapat dijadikan sebagai tanggung jawab yang mendorong semangat Anda untuk terus maju dan menumbuhkan bisnis.

Kebetulan, nih, Investree punya promo spesial perayaan ulang tahun ke-7 untuk para Borrower baru agar #GrowToge7her bersama Investree mengembangkan bisnisnya. Termasuk bisnis Anda juga! Dengan mengajukan pinjaman pertama minimal Rp100 juta, Anda akan memperoleh cashback hingga Rp7 juta (0,35% dari nominal pinjaman), khusus untuk jenis pinjaman Invoice Financing. Anda bisa melakukan pendaftaran melalui website Investree sekarang sampai periode promosi berakhir pada 31 Oktober 2022. Informasi lengkap terkait promo bisa Anda temukan di sini. Yuk, buat bisnis kembali tumbuh dan tangguh menyambut tahun baru!

Referensi:

Krista Mashore. 9 Agustus 2022. Want To Succeed? Turn Your Fixed Mindset into a Growth Mindset. Entrepreneur.com: https://bit.ly/3VAHQWC 

Roy Dekel. 14 Oktober 2022. The Biggest Difficulties Every Entrepreneur Faces. Entrepreneur.com: https://bit.ly/3CE6lcO

Sherrie Campbell. 30 November 2017. 6 Ways to Develop a Growth Mindset. Entrepreneur.com: https://bit.ly/3yQlZAG 

Share this Post