Mengenal Kredit Usaha Makro dan Jenis-jenisnya

Tahukah kamu Indomaret, Alfamart, hingga beberapa gerai minuman kekinian merupakan beberapa contoh dari sebuah usaha makro? Tidak dipungkiri usaha makro mempunyai dampak yang jauh lebih besar pada perekonomian nasional. Hal ini dapat terjadi karena jenis usaha makro memerlukan daya serap tenaga kerja dan jumlah nilai produksi yang lebih tinggi.

Peran usaha makro dalam  pembangunan perekonomian membuat pemerintah dan berbagai pihak menaruh perhatian lebih terhadap pengembangannya. Sehingga dibuatlah sebuah sarana untuk membantu pengembangan usaha ini, yang kini disebut sebagai kredit modal usaha makro. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai apa itu kredit modal usaha makro dan bagaimana cara kerjanya. Simak paragraf di bawah ini ya! 

Namun sebelum membahas tentang kredit usaha makro, kamu perlu mengetahui tentang penggolongan atau kelas usaha berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Dari ketiga jenis usaha tersebut masing-masing dibedakan menurut jumlah kekayaan dan hasil penjualan tahunan yang didapatkan.

  1. Kelas usaha mikro. Usaha yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau memiliki pendapatan maksimal Rp 300 juta setiap tahunnya.
  1. Kelas usaha Kecil. Usaha yang memiliki kekayaan bersih di antara Rp 50 juta sampai Rp 500 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau memiliki penjualan tahunan antara Rp 300 juta sampai Rp 2,5 miliar.
  1. Kelas usaha menengah. Usaha yang memiliki kekayaan bersih di antara Rp 500 juta sampai Rp 10 miliar (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau memiliki hasil penjualan tahunan antara Rp 2,5 miliar sampai Rp 50 miliar.

Pengertian Usaha Makro

Sebenarnya apa sih usaha makro itu? Usaha makro adalah usaha berukuran besar yang biasanya bukan milik satu orang saja namun dalam bentuk perseroan terbatas yang dipegang sahamnya oleh beberapa orang. Pada umumnya sebuah usaha makro membutuhkan banyak karyawan untuk beroperasi. Modal awal usaha makro dapat mencapai milyaran rupiah, dan biasanya memiliki jumlah omset hingga ratusan atau hingga milyaran juga.

Secara umum, usaha atau bisnis makro dapat berpengaruh kepada inflasi, kebijakan moneter, dan fiskal di sebuah negara.

Contoh Usaha Makro

  1. Franchise Minuman Kekinian

Franchise minuman sendiri merupakan sebuah usaha yang dapat mencakup usaha makro dan mikro dari franchise minuman yang tergantung kepada seberapa populer merk dari sebuah minuman. Bisnis ini diawali oleh dari bisnis yang kecil hingga bisnis yang mendunia. Hal ini tergantung terhadap bisnis yang dikembangkan dari kecil.

Pada usaha minuman yang dimulai dari usaha atau contoh usaha kecil yang membantu meningkatkan perekonomian dan pertumbuhan ekonomi dalam menciptakan usaha makro yang telah dirintis selama bertahun-tahun dan memiliki pemegang saham bagi usaha makro yang telah terkenal. Terdapat berbagai food merchant yang dapat dijadikan sebagai bisnis laris.

  1. Indomaret

Indomaret adalah jaringan mini market waralaba di Indonesia. Mini market ini menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Indomaret sangat mudah ditemukan di daerah  perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Merek mini market Indomaret dipegang oleh PT. Indomarco Prismatama. Kini gerai Indomaret telah mencapai lebih dari 7.868 di wilayah Jawa, Madura, Bali, Sumatera dan Sulawesi yang 40% terdiri dari gerai milik terwaralaba dan 60% milik PT. Indomarco Prismatama. Barang dagangan sebagian besar didapat dari 17 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 4.800 jenis produk.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai kredit usaha makro dan contohnya. Selain Kredit Modal Usaha Makro terdapat berbagai jenis kredit usaha lain yang dapat dipilih oleh seorang borrower. Salah satunya adalah P2P Lending.

Sebagai pionir fintech P2P lending, Investree menawarkan solusi bisnis secara digital kepada para pegiat UKM melalui produk-produk pinjaman yang berfokus pada rantai pasokan serta menyediakan alternatif lain bagi masyarakat yang ingin memperoleh imbal hasil lebih secara nyaman dan bijak.

Naikan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan.

Reference: 

PINJAMAN USAHA MAKRO – Kopdit SKT

perbedaan usaha makro dan mikro – Brainly.co.id

Jenis-Jenis Kredit UKM dan Syarat Mengajukannya – Cermati.com

5 Contoh Usaha Mikro dan Makro dan Pengertiannya – Bussines.co.id

Profil – Indomaret – merdeka.com