Memahami Pengertian Keputusan Pendanaan dan Fungsinya

Keputusan pendanaan adalah salah satu komponen paling penting untuk memutuskan rencana keuangan perusahaan baik itu dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Menetapkan keputusan pendanaan ini pun tidak mudah, diperlukan banyak pertimbangan agar bisa dihasilkan keputusan terbaik untuk pendanaan yang akan dilakukan oleh perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Apa Itu Keputusan Pendanaan?

Keputusan pendanaan menjadi salah satu aspek penting yang ada di dalam manajemen keuangan perusahaan. Kebijakan keputusan pendanaan tersebut juga sering dilakukan dengan kebijakan struktur modal perusahaan di awal tahun pencanangan program kerja yang akan dilaksanakan kedepannya.

Orang yang paling berperan dalam melakukan keputusan dana ini adalah manajer perusahaan. Manajer dituntut untuk melakukan berbagai pertimbangan tentang keuangan perusahaan. Di samping itu, dilakukan juga analisa tentang sumber dana yang akan digunakan perusahaan dalam operasionalnya.

Dalam melakukan keputusan pendanaan ini, manajer harus menetapkan dana yang ekonomis agar keuangan yang ada di dalam perusahaan tetap berjalan dengan stabil. Selain itu, keputusan dana ini juga diharapkan mampu membiayai berbagai macam investasi yang akan dilaksanakan perusahaan.

Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Investree. Produk pendanaan Investree meliputi Pendanaan Pinjaman, SBN Ritel dan Reksa Dana for Lender. Dengan melakukan pendanaan di Investree, Anda bisa berkontribusi memajukan UKM di Indonesia sekaligus memperoleh imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. Daftar Investree for Lender sekarang juga!

Fungsi Keputusan Pendanaan

Adanya keputusan pendanaan yang dilakukan oleh perusahaan bukan tanpa alasan. Keputusan pendanaan memiliki fungsi penting yang nantinya akan menyangkut kondisi perusahaan dan rencana apa saja yang akan dilakukan pihak perusahaan. Berikut ini adalah fungsi dari keputusan pendanaan yang perlu untuk Anda perhatikan.

1. Perencanaan Keuangan

Fungsi dari keputusan pendanaan yang pertama tentu saja untuk melakukan perencanaan keuangan. Jika nominal dana yang akan digunakan dalam perusahaan sudah diputuskan, maka rencana keuangan perusahaan pun bisa dibuat dengan sangat rinci. Oleh sebab itu, Anda akan sangat kesulitan dalam menentukan rencana keuangan sebelum membuat keputusan pendanaan terlebih dahulu.

2. Alokasi Dana

Keputusan pendanaan juga berfungsi untuk mengalokasikan dana perusahaan untuk berbagai aspek kinerjanya. Saat nominal keputusan pendanaan ditetapkan, maka secara otomatis Anda pun dapat membagi alokasi dana sesuai dengan porsinya masing-masing.

3. Penentuan Modal Keuangan

Menentukan keputusan dana sama juga dengan menentukan seberapa modal keuangan perusahaan. Hal ini juga berkaitan dengan sumber dana yang didapatkan oleh perusahaan sebagai modalnya. Namun, penentuan ini harus benar-benar dipertimbangkan dengan ketat agar keuangan perusahaan tidak terhambur dengan sia-sia.

4. Penentuan Sumber Dana Perusahaan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, selain untuk menentukan modal, keputusan pendanaan juga untuk menentukan sumber dana. Anda bisa mencari dari mana saja sumber dana yang dimiliki oleh perusahaan selama hal tersebut masih sangat mudah untuk dilakukan dan tidak akan merugikan perusahaan.

5. Analisa Keuangan Perusahaan yang Ekonomis

Dengan adanya keputusan pendanaan, Anda akan lebih mudah untuk melakukan analisa keuangan perusahaan. Anda juga bisa mengetahui apakah sistem dan manajemen keuangan yang dimiliki oleh perusahaan sudah ekonomis atau belum. Hal ini bertujuan untuk menjaga keuangan tetap stabil.

Kesimpulannya, keputusan pendanaan adalah hal penting yang harus Anda lakukan dengan pertimbangan yang matang agar perusahaan bisa berjalan optimal. Sekarang Anda sudah paham tentang pengertian dan fungsi keputusan pendanaan, bukan? Jika nantinya Anda menjadi bagian dari perusahaan atau bahkan mendirikan perusahaan sendiri, maka Anda wajib melakukan keputusan pendanaan dengan pertimbangan sebaik mungkin. Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol kondisi keuangan perusahaan setelah dilakukan keputusan dana tersebut agar tidak terjadi penyalahgunaan. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Admin. Januari 29, 2020. Manajemen Keuangan (Part 1). Pediailmu.com: https://bit.ly/3A9VJkl