Ini Tips Ajukan Pinjaman Modal Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Seperti yang Anda tahu, untuk mendapatkan pinjaman modal usaha di bank membutuhkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Terlebih, jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga. Sebab, terkadang salah satu persyaratannya adalah memiliki pekerjaan dan penghasilan dengan minimum 3 juta rupiah.

Hal ini tentu akan memberatkan para ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha dari rumah. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi digital yang memungkinkan Anda untuk bekerja dari manapun dan kapanpun, termasuk menjalankan bisnis dari rumah. Lantas apa saja persyaratan yang harus dipenuhi jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang membutuhkan pinjaman modal usaha dan ingin memulai usaha rumahan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Syarat Pengajuan Pinjaman Modal Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Ketika ibu rumah tangga berniat menjalankan bisnis rumahan tentu mereka dapat meminjam uang modal usaha di lembaga keuangan dan perbankan. Agar disetujui, berikut beberapa persyaratan untuk meminjam uang modal usaha di bank:

  • Fotokopi identitas diri seperti KTP dan KK serta dokumen aslinya. KK diperlukan untuk melihat berapa banyak tanggungan keluarga
  • KTP suami. Hal ini sebagai bukti bahwa pinjaman modal usaha yang diajukan diketahui oleh suami calon nasabah.
  • Fotokopi akta nikah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada harta yang digunakan sebagai jaminan.
  • Fotokopi buku tabungan dan asli selama 3 bulan terakhir.

Keempat syarat tersebut harus dipenuhi saat seorang ibu rumah tangga akan mengajukan pinjaman modal usaha di bank. Selain itu, ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi. Namun, hal ini tergantung dari kebijakan bank atau lembaga keuangan yang Anda pilih.

Baca juga: 6 Strategi Menabung dengan Budget Minim ala Ibu Rumah Tangga

Cara Pinjam Uang di Bank untuk Ibu Rumah Tangga

Persyaratan umum pengajuan pinjaman modal usaha sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya. Jika sudah lengkap, lantas bagaimana cara pengajuan modal usaha bagi ibu rumah tangga selanjutnya?

Nah, langkah selanjutnya adalah menentukan apakah Anda ingin mengajukan KTA atau kredit multiguna. Jika Anda mengajukan kredit tanpa agunan (KTA), Anda harus menyiapkan salah satu persyaratan tambahan seperti kepemilikan kartu kredit dengan limit tertentu.

 Namun, jika Anda berminat mengajukan kredit multiguna, maka Anda perlu menyertakan surat dari barang yang akan menjadi jaminan. Contohnya sertifikat rumah ataupun BPKB kendaraan bermotor.

Hal yang tak kalah penting adalah memiliki rekening bank yang aktif. Hal yang dimaksud adalah transaksi aktif dengan pemasukan dan pengeluaran yang sehat. Selain itu, hindari menunjukkan rekening yang sudah lama tidak dipakai. Sebab, akan memengaruhi penilaian bank terhadap calon debitur.

Tips terakhir adalah walaupun Anda memiliki usaha sampingan yang reguler. Misalnya, jasa laundry, ataupun jasa penitipan anak. Hal ini menjadi nilai tambah bagi bank untuk menyetujui permohonan pinjaman modal usaha Anda. Anda bisa memberitahukan ini kepada pihak bank saat sesi wawancara pihak bank dengan calon debitur. Walaupun penghasilannya tidak terlalu besar, bank akan lebih mempertimbangkan hal ini lho!

Baca juga: Terapkan 5 Cara Hidup Hemat Dalam Rumah Tangga Berikut

Nah itu dia beberapa persyaratan dan pengajuan pinjaman modal usaha untuk ibu rumah tangga. Anda bisa mencari persyaratan khusus di setiap lembaga keuangan atau bank di internet. Bila merasa kesulitan, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha dengan cara daring yang lebih mudah di Investree! Naikkan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan. Daftar di sini!

Ajukan pinjaman berikutnya di Investree aja. Pinjaman modal kerja tanpa jaminan aset tetap, prosesnya mudah, dan 100% online. Suku bunga mulai 12% per tahun dengan limit kredit hingga Rp2 miliar. Tunggu apa lagi? Gabung bersama Investree di sini!  

daftar borrower investree