Bisnis

Contoh Pembukuan Keuangan Usaha Rumahan Sederhana yang Mudah Dibuat

Mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaran dalam sebuah usaha adalah hal penting yang wajib dilakukan. Tidak hanya bagi perusahaan besar, tapi juga usaha kecil, seperti usaha rumahan. Adanya laporan keuangan dapat membantu pelaku usaha memantau perkembangan bisnis mereka. Namun, kini belum banyak contoh pembukuan keuangan yang sederhana dan mudah untuk dibuat. Hal inilah yang membuat banyak pengusaha rumahan tidak menerapkannya.

Padahal pembukuan keuangan akan memudahkan Anda dalam mengetahui keuntungan bisnis hingga kondisi keuangan usaha. Jika Anda sedang mencari contoh pembukuan keuangan yang mudah untuk diikuti, simak artikel ini, ya! Kami akan menjelaskan tentang apa itu pembukuan keuangan, manfaat, dan contohnya.

Pengertian dan Manfaat Pembukuan Keuangan

Secara umum, pembukuan keuangan merupakan suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur dan detail. Tujuannya untuk mengumpulkan data dari transaksi yang dilakukan serta berbagai informasi keuangan yang diperlukan.

Adapun pencatatan keuangan ini meliputi modal, harta, kewajiban, dan biaya lain yang menunjang operasional produksi. Kemudian informasi tersebut akan ditutup dengan laporan keuangan berupa neraca pada periode yang ditentukan.

Melakukan pembukuan keuangan memiliki banyak manfaat bagi sebuah usaha. Berikut beberapa manfaatnya.

  • Dapat mengontrol besaran biaya operasional usaha.
  • Meminimalisir kemungkinan risiko kehilangan aset perusahaan.
  • Dapat mengetahui perkembangan usaha yang sedang dijalankan.
  • Memengaruhi aset perusahaan dan laba rugi usaha.
  • Mengetahui besaran utang dan piutang usaha.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan saat Membuat Pembukuan Keuangan

Untuk Anda para pemilik usaha rumahan, cobalah untuk mulai membuat pembukuan keuangan sejak sekarang. Jadi, nantinya Anda bisa menentukan rencana agar bisa segera balik modal dengan cepat. Nah, setidaknya adalah enam hal yang perlu Anda persiapkan saat membuat pembukuan keuangan, yaitu:

  • Buku kas pengeluaran
  • Buku kas pemasukan
  • Buku kas utama
  • Buku catatan laporan stok barang
  • Buku catatan inventaris barang
  • Catatan laba-rugi

Keenam hal tersebut menjadi bagian penting dalam penyusunan pembukuan keuangan yang dapat memudahkan Anda dalam mengawasi tiap transaksi. Khususnya pada bagian catatan laba-rugi yang merupakan kesimpulan dari hasil pembukuan secara keseluruhan pada periode tertentu.

Contoh Pembukuan Keuangan untuk Usaha Rumahan

Sebenarnya ada banyak sekali contoh pembukuan keuangan yang bisa Anda gunakan. Tentu saja contoh tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda. Namun, jika Anda menginginkan pembukuan keuangan yang sederhana, maka ada dua pilihan metode yang bisa digunakan.

Kedua metode tersebut bisa Anda buat secara manual maupun menggunakan aplikasi, seperti Excel. Berikut adalah penjelasan tentang dua metode yang bisa menjadi contoh pembukuan keuangan untuk usaha rumahan.

1. Sistem Entry Tunggal

Contoh pembukuan keuangan dengan metode sistem entry tunggal sangat mudah untuk diikuti. Hal ini karena metode tersebut bisa digunakan untuk segala jenis transaksi pendapatan maupun pengeluaran. Umumnya, pembukuan keuangan yang satu ini berfungsi sebagai sumber daya utama layaknya buku kas.

Metode entry tunggal cocok digunakan pada jenis usaha berskala kecil, seperti usaha rumhana. Sebab, usaha berskala kecil cenderung mempunyai jumlah transaksi yang terbilang sedikit. Jika Anda familiar dengan pembukuan akuntansi, sekilas metode ini mirip dengan hasil print out pada rekening koran.

2. Sistem Entry Ganda

Selanjutnya ada sistem entry ganda yang bisa menjadi contoh pembukuan keuangan Anda. Meski umumnya metode ini digunakan untuk usaha skala besar. Namun, pemilik usaha rumahan juga bisa mencobanya.

Metode ini mengharuskan Anda untuk memisahkan entry debit dan kredit pada masing-masing akun yang berbeda. Proses pencatatan yang terpisah akan memudahkan Anda dalam mengelola dan mengawasi kompleksitas arus keuangan.

Demikian penjelasan singkat tentang pembukuan beserta contoh pembukuan keuangan yang bisa diterapkan pada usaha rumahan.

Agar usaha rumahan Anda terus berkembang, tidak ada salahnya untuk meminjam modal usaha. Kini Anda bisa meminjam dana di Investree, penyedia layanan finansial yang telah diawasi oleh OJK. Dengan Investree, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana sesuai kebutuhan untuk perkembangan usaha.

Referensi:

https://jubelio.com/2021/bagaimana-cara-membuat-pembukuan-sederhana-bisnis-kecil/

https://accurate.id/akuntansi/cara-dan-contoh-pembukuan-sederhana/

https://www.jurnal.id/id/blog/cara-membuat-pembukuan-keuangan-usaha-kecil/

Share this Post