Cara Cerdas Mendapatkan Passive Income

Tidak sedikit orang merasa bahwa pendapatan dari gaji bulanan ternyata masih kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk itulah, banyak orang mulai mencari cara untuk mendapatkan tambahan penghasilan atau memiliki passive income. Adanya penghasilan pasif sejatinya menjadikan uang atau aset bekerja untuk Anda. Sehingga, Anda tidak hanya bergantung pada satu sumber penghasilan saja. 

Jadi, apa itu passive income dan bagaimana cara mendapatkannya? Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Passive Income

Berbeda dengan active income, dimana Anda harus bekerja setiap harinya, passive income adalah penghasilan tambahan yang Anda dapatkan bahkan saat tidak aktif bekerja. Mudahnya, passive income adalah penghasilan yang diperoleh seseorang dengan melakukan aktivitas dengan usaha yang sangat minim. Bisa dibilang, membangun passive income artinya menyiapkan masa depan agar merdeka secara finansial. Walaupun begitu, agar dapat menghasilkan passive income, Anda membutuhkan usaha terlebih dahulu untuk membangun sumber-sumber penghasilan. 

Contohnya, saat Anda ingin melakukan penyewaan properti dimana ini adalah sumber dari passive income, Anda harus memiliki modal dan membangun properti terlebih dahulu.  Atau saat Anda ingin menghasilkan passive income dengan berinvestasi,  Anda harus rutin menyisihkan sebagian pendapatan bulananmu untuk diinvestasikan agar memperoleh imbal hasilnya di kemudian hari.

Baca juga: Mengenal Pengertian Passive Income Secara Mendalam

Cara mendapatkan Passive Income

Berikut adalah cara agar Anda mendapatkan passive income tanpa mengganggu pekerjaan utama: 

1. Maksimalkan Waktu Luang 

Di luar waktu pekerjaan utama Anda, tentu banyak waktu luang yang dapat dimanfaatkan. Anda bisa menyalurkan keterampilan lain di luar pekerjaan utama secara part time atau freelancer. Misalnya, Anda bekerja sebagai analisis kredit di Perbankan di waktu kerja. Anda bisa menggunakan weekend untuk mengambil pekerjaan freelance sebagai videographer di acara pernikahan dan di waktu malam untuk membuat desain undangan. Namun, jangan sampai keasikan bekerja membuat Anda melupakan kesehatan dan burn out. Manajemen waktu yang baik menjadi kunci utama untuk mendapat passive income yang banyak tapi dengan tetap menjaga kesehatan mental dan menjaga fokus pada pekerjaan utama Anda.

2. Manfaatkan Internet 

Saat ini, kemudahan internet adalah senjata untuk Anda yang ingin mendapatkan passive income darimana saja. Semua informasi dan peluang dapat diakses sebanyak-banyaknya, termasuk mencari sumber inspirasi, tutorial, diskusi, branding, webinar, talkshow inspiratif, lowongan freelance, dan masih banyak lagi. Berbagai plarform media sosial juga sering membagikan acara gratis yang dapat manfaatkan baik untuk menjalin relasi bisnis hingga branding diri dan produk.

3. Berinvestasi 

Nah, cara yang satu ini cocok bagi Anda yang terlalu sibuk mengurus pekerjaan utama dan tidak sempat melakukan pekerjaan part-time atau freelance. Agar tetap mendapatkan penghasilan tambahan, Anda bisa mulai melakukan investasi para berbagai instrumen investasi seperti produk reksa dana, logam mulia, atau saham yang memberikan deviden tinggi.

Sumber-Sumber Passive Income

  • Membuat Konten Blog
  • Menjual Beli Domain atau Website
  • Menjadi Kontributor di Website Fotografi
  • Menjadi Afiliator Markerting
  • Membangun Akun YouTube
  • Menjual Ebook
  • Menjual Rekaman Online Course
  • Menjual Karya Kesenian atau Aset Kreatif Untuk Royalti
  • Menjual Produk Online (Reseller/Dropshipper)
  • Sewa Properti dan Kendaraan

Semua pilihan passive income di atas memang menjanjikan cuan yang menarik. Walaupun begitu, Anda juga harus cermat dalam memilih sumber passive income yang cocok untuk Anda. Sebab, tidak semua orang memiliki waktu, pengetahuan, dan modal untuk memulai bisnis passive income di atas. Jika Anda masih seorang pemula dalam dunia investasi, mungkin investasi peer-to-peer adalah pilihan tepat. Tanpa membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan pengetahuan, Anda bisa mendapatkan passive income dengan melakukan pendanaan usaha melalui aplikasi Investree. 

Baca juga: Ingin Penghasilan Tambahan? Jadi YouTuber Juga Bisa Cuan

Investree hadir sebagai produk investasi yang memungkinkan Anda untuk menjadi pemberi pinjaman bagi para pelaku usaha terpercaya yang sedang mengembangkan bisnisnya.Anda hanya perlu menyisihkan uang mulai dari 1 juta rupiah untuk mulai berinvestasi di Investree. Anda juga dapat menyesuaikan pendanaan yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko Anda. Setelahnya, Anda akan mendapatkan imbal hasil yang atraktif hingga 20% per tahun. Setelah Anda berinvestasi di Investree, tentu efek compounding pada aset akan akan terjadi. Sehingga, passive income akan terus bertambah dan menjadi semakin banyak. 

Pendaftaran dapat diakses melalui tautan https://investr.ee/daftar-lender

Yuk, dapatkan passive income Anda bersama Investree!

Referensi:

https://www.tanamduit.com/belajar/inspirasi/11-cara-gampang-mendapatkan-passive-income

https://money.kompas.com/read/2021/12/02/090655026/apa-itu-passive-income-pengertian-jenis-dan-caranya-mendapatkannya?page=all