Bisnis

Butuh Modal Usaha Tanpa Jaminan? Catat Caranya!

Saat memulai bisnis, para pelaku usaha biasanya akan memilih pinjaman modal usaha tanpa jaminan pada penyedia layanan pendanaan bisnis baik perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Tenor yang cenderung lebih panjang serta beberapa kemudahan persyaratan menjadi alasan mengapa mereka mengajukan kredit modal usaha tanpa jaminan. Lamanya tenor serta kemudahan persyaratan pinjaman menjadi alasan mereka mengajukan kredit tanpa jaminan.

Selain itu, keuntungan lain adalah para pelaku usaha bisa mendapatkan plafon pinjaman yang cukup besar sebagai modal awal bisnis. Sebab, adakalanya keterbatasan modal merupakan masalah utama seorang wirausaha untuk menjalankan bisnis. Bahkan ketika bisnis berjalan pun, modal bisnis masih terus dibutuhkan untuk pengembangan produk dan kegiatan operasional bisnis lainnya.

Nah, pinjaman modal usaha tanpa jaminan pun menjadi jawaban atas permasalahan modal. Ide kreatif bisnis pun bisa langsung di eksekusi ketika pinjaman sudah disetujui. Lantas, bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Ada beragam cara untuk mendapatkan modal usaha. Mulai dari tabungan pribadi hingga menggunakan platform pinjaman online. Penting untuk Anda untuk memilih pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang sesuai dengan bisnis Anda dan pinjamlah sesuai dengan kemampuan bayar Anda. Jangan sampai nantinya ada masalah lain yang muncul. Inilah beberapa cara mendapatkan modal usaha yang Anda butuhkan:

  1. Menjual Aset-aset

Seringkali saat membutuhkan modal usaha, Anda gegabah menjadikan properti ataupun kendaraan bermotor menjadi jaminan dalam pengajuan pinjaman modal usaha. Eits, coba berpikir jernih dulu sebelum hal ini terjadi. Anda bisa mulai menghitung tabungan Anda. Sebelum berbisnis, pasti Anda sudah sedikit demi sedikit mengumpulkan modal usaha bukan?

Namun, bila tabungan yang dimiliki masih belum cukup menjadi modal usaha, Anda bisa mencoba menjual beberapa aset yang Anda miliki. Tidak perlu surat tanah, Anda bisa menjual beberapa barang elektronik untuk menambahkan modal usaha Anda. Jika ternyata hasilnya bisa menjadi modal awal usaha Anda, mengapa harus mengagunkan aset berharga Anda bukan?

Baca juga: Waspada! 5 Masalah Ini Dapat Mengancam Kelangsungan Bisnis Anda

  1. Meminjam dari Kerabat

Jika cara diatas masih belum mencukupi modal awal bisnis, Anda bisa mencoba cara berikut ini! Pinjamlah dari keluarga baik saudara ataupun orang tua. Jika mereka belum mampu membantu. Anda bisa mencari rekan kerja ataupun sahabat dekat Anda.

Sebelum meminjam, ada baiknya Anda membuat perhitungan mengenai modal yang dibutuhkan. Jangan sampai Anda meminjam dengan jumlah yang terlalu banyak sehingga menyulitkan Anda mengembalikan di kemudian hari. Selain itu, persiapkan proposal bisnis agar rekan Anda lebih mudah memahami bisnis apa yang Anda geluti.

  1. Bantuan Pemerintah

Pemerintah sedang menggalakkan pelaku usaha terutama UMKM untuk lebih maju. Hal ini selaras beberapa bantuan pemerintah untuk pelaku UMKM. Namun, biasanya bantuan pemerintah yang bisa Anda manfaatkan hanya berlaku bagi Anda yang bisnisnya sudah berjalan.

Program bantuan pemerintah ini dikenal dengan istilah BLT atau Bantuan Langsung Tunai yang ditujukan kepada para pelaku UMKM. Di era pandemi seperti saat ini, modal menjadi salah satu tantangan UMKM untuk bertahan. Agar stabilitas terjaga, bantuan pemerintah digelontorkan secara khusus oleh pemerintah. Jika Anda termasuk pelaku UMKM dan membutuhkan modal usaha tambahan untuk mengembangkan usaha, maka bantuan pemerintah yang satu ini bisa dicoba. 

  1. Ajukan Pinjaman Pemerintah

Selain Bantuan Langsung Tunai, pemerintah juga menyediakan layanan pinjaman lain yang disebut Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk para pelaku usaha yang membutuhkan modal usaha, KUR dinilai bisa menjadi jawabannya. Biasanya, KUR tak hanya dijadikan modal usaha namun pengembangan bisnis agar UMKM sukses berkembang menjadi perusahaan besar.

Berikut adalah beberapa persyaratan mengajukan KUR:

  • Bagi pelaku usaha mikro, Anda harus memiliki kekayaan bersih minimal 50 juta rupiah. 
  • Bagi pelaku usaha kecil, Anda harus memiliki kekayaan bersih minimal 50 juta rupiah hingga 500 juta rupiah.
  • Bagi pelaku usaha menengah, Anda harus memiliki kekayaan bersih minimal 50o juta rupiah hingga 10 miliar rupiah.

Selain itu, ada persyaratan lain seperti Anda harus sudah menjalankan bisnis minimal 6 bulan, identitas diri seperti KTP, KK dan NPWP, surat nikah, surat izin usaha dari kecamatan, tidak sedang menerima kredit produktif dari perbankan, serta diperbolehkan memiliki kredit pemilikan rumah dan kendaraan dalam kondisi lanca

Baca juga: Bisnis Terhambat karena Pandemi, Ikuti 5 Tips Berikut agar UKM Tetap Cuan di 2021

Jika Anda syarat tersebut sesuai dengan Anda, pinjaman modal usaha melalui program pinjaman pemerintah bisa menjadi pilihan tepat untuk bisnis Anda. Hati-hati penipuan yang mengatasnamakan bantuan pemerintahan! 

  1. Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Selain 4 cara di atas, Anda bisa melakukan pinjaman modal usaha tanpa agunan pada layanan perbankan. Saat ini mayoritas bank menyediakan layanan KTA dengan berbagai persyaratan yang cukup mudah. Layanan KTA merupakan pinjaman modal usaha yang membutuhkan modal usaha namun tidak ingin asetnya dijadikan jaminan. 

Umumnya, proses pengajuan hingga pencairan dana modal usaha terbilang mudah, cepat karena seluruh prosesnya dilakukan secara daring. Dana pinjaman modal usaha yang disetujui langsung ditransfer pada rekening yang disetujui pada awal pengajuan. 

  1. Mengajukan Pinjaman dari Perusahaan Fintech (P2P Lending)

Perusahaan fintech banyak bermunculan sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan bantuan modal usaha. Cara mudah dan paling cepat adalah Anda mengajukan pendanaan modal usaha melalui P2P lending seperti Investree. Anda  dapat mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan bisnis Anda. Tim Investree akan melakukan analisis dan persetujuan

Selain itu, Anda dapat menaikkan omzet dan lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan. Yuk, coba ajukan pinjaman modal usaha dengan aman dan transparan di Investree! Bila ingin tahu lebih lanjut soal Investree, kunjungi halaman ini,

Nah, itulah beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan. Agar memudahkan Anda, segera siapkan dokumen-dokumen serta proposal bisnis secara lengkap. 

Share this Post